Thrifting Dengan Gaya Bersama Emma Chamberlain

Dalam percakapan dengan Emma Chamberlain, yang dalam kata-katanya sendiri adalah "creator yang jujur", pembawa acara podcast, pemilik usaha kopi, teman (dan anak perempuan) yang cukup baik, ibu untuk seekor kucing serta pencinta fashion dan thrifting.

Kami memiliki kesempatan untuk berbicara dengan Emma tentang kecintaannya pada thrifting dan bagaimana perubahan kecil dapat berdampak besar di dunia.

“Menurut saya, meninggalkan dunia di tempat yang lebih baik, daripada yang ditemukan itu berarti melakukan yang dapat dilakukan secara pribadi dan fokus pada perubahan kecil yang bisa di buat.”

- EMMA CHAMBERLAIN

Menurut kamu meninggalkan planet yang lebih baik itu bagaimana?

Menurut saya, meninggalkan dunia di tempat yang lebih baik, daripada yang ditemukan itu berarti melakukan yang dapat dilakukan secara pribadi dan fokus pada perubahan kecil yang bisa di buat. Karena itu akan menular ke semua orang di sekitar kita, lalu akan menular ke semua orang di sekitar mereka, dan tanpa kita sadari hal-hal menakjubkan bisa terjadi.

Bagaimana peran thrifting dalam hidup kamu?

Sejak saya mulai masuk ke dunia fashion, thrifting menjadi sumber utama saya untuk mengisi lemari karena berbagai alasan.

  • Pertama, thrifting itu sustainable, dan itu merupakan nilai tambah yang luar biasa. Kita membeli dari apa yang sudah ada, dari apa yang biasanya akan berakhir di tempat pembuangan sampah, atau mungkin di laut. Kita mengambil barang-barang itu dan kita membuatnya indah lagi. Kita membuatnya kembali modis dan terlihat keren lagi.
  • Kedua, hemat biaya. Kamu dapat membeli banyak potongan pakaian cukup dengan harga satu atasan dari toko baju favorit kamu. Dan dari banyak potongan itu, kamu sekarang dapat membuat 10 outfit yang berbeda. Hebat kan?
  • dan ketiga, ada sesuatu yang kreatif tentang thrifting karena ketika kita sedang melihat-lihat di thrift store, kita seperti belanja tanpa panduan.

Tidak ada rak yang berisi pakaian-pakaian yang sedang trend, tidak ada pedoman, hanya ada kamu dan pakaian beracak yang tidak jelas asalnya dari mana dan kamu harus membuat sesuatu dari itu. Bagi saya itu sangat kreatif. Saya juga suka memikirkan dari mana asal potongan-potongan itu sebelum sampai di saya. Cerita apa yang mereka miliki, ada sesuatu yang sangat istimewa tentang itu… dan saya menyukainya!

“Ini bagus untuk planet kita karena kita tidak menciptakan lebih banyak demand. Kita tidak membuat limbah lebih banyak.”

- EMMA CHAMBERLAIN

Apa barang secondhand favorit yang kamu miliki?

Saya ingat waktu baru mulai thrifting, salah satu barang yang saya ingin sekali temukan adalah sepasang Levi's® vintage. Semua orang memakainya. Saya jadi ingin menjadi bagian dari mereka juga. Celana itu terlihat begitu nyaman dan tak lekang oleh waktu. Saya jadi merasa harus memiliki celana itu. Saya ingat, waktu akan saya mengunjungi thrift store di dekat saya setiap minggunya selama berbulan-bulan, dan saya tidak akan lupa dimana saya akhirnya menemukan sepasang celana Levi's® vintage. Saya hampir berteriak di depan semua orang karena senang sekali. Celana itu memiliki medium blue wash yang sempurna, dan ukurannya juga pas di saya, saya senang sekali waktu itu. Sejak itu saya ketagihan. Koleksi Levi's® vintage saya terus bertambah. Karena saya sangat suka model celana itu. Celana Levi’s® vintage menjadi bagian utama dari isi lemari saya. Saya memakai Levi's® lima dari tujuh hari dalam seminggu. Dan setiap kali saya menemukan potongan yang muat pas, saya pasti membelinya.

Apa kamu suka untuk customize pakaian kamu?

Salah satu hal yang saya paling suka lakukan adalah memberi kehidupan baru pada pakaian lama. Dan saya akan melakukannya dengan cara apa pun yang saya bisa. Bisa dalam artian mengubah celana jeans panjang menjadi celana pendek, atau mengubah atasan biasa menjadi crop top, memotong lengan kemeja, memotong lubang di hoodie tua, menggambar di pakaian.

Rasanya sangat menyenangkan saat dapat refresh pakaian-pakaian lama ini menjadi pakaian-pakaian yang lebih keren. Saya suka refresh pakaian lama saya saat sudah bosan dengan model lamanya tetapi tidak ingin merelakannya. Apa yang saya lakukan? Saya membuatnya terlihat keren, saya merombak desainnya, saya membuatnya terlihat baru, saya membuatnya segar. Baru-baru ini, saya mengambil beberapa celana jeans saya dan memotong bagian bawahnya agar terasa seperti jeans high water cut-off. Saya suka sekali, saya selalu memakainya sekarang. Padahal sebelumnya saya tidak pernah lagi menyentuh celana-celana itu.

“Rasanya sangat menyenangkan untuk menemukan kembali potongan-potongan menakjubkan menjadi potongan-potongan yang lebih menakjubkan.”

- EMMA CHAMBERLAIN

Beberapa orang berpikir bahwa satu-satunya cara untuk memiliki "lemari pakaian yang lebih sustainable" adalah dengan membeli dari merek ramah lingkungan, tetapi thrifting juga merupakan cara untuk melakukannya. Bagaimana menurut kamu?

Menurut saya thrifting adalah cara berkonsumsi yang bertanggung jawab, karena kamu membeli barang yang sudah ada dan tidak menambahkan limbah.

Ada sesuatu yang sangat keren dan menarik tentang mengenakan pakaian yang pernah dikenakan orang lain sebelumnya. Kisah-kisah yang dipegang oleh potongan itu. Ada sesuatu yang istimewa tentang itu, bahkan noda kecil. Mungkin saja Andy Warhol yang pernah mengenakan jeans itu dan itu tinta dari karyanya, kamu tidak pernah tahu. Saya suka unsur sejarah dari barang-barang hasil thrifting!

“Kamu membeli barang yang punya kisah-kisah, dan ada sesuatu yang istimewa tentang itu.”

- EMMA CHAMBERLAIN