Ramadan Wonderfully Made

Ramadan adalah waktu untuk merenung. Memaafkan dan dimaafkan, berbagi kebaikan dan di atas itu semua, ini waktunya untuk memperkuat silaturahmi dengan teman dan keluarga. Dibulan yang suci ini, kita merayakan rasa syukur yang membuat kita merasa bahwa kitadiciptakan luar biasa. Kalian telah melihat keanekaragaman figur yang ada dalam kampanye ini, dan sekarang kalian dapat mengenal mereka lebih jauh. Mulai dari mengejar domba peliharaan saat di desa sampai saat berfoto bersama keluarga di halaman rumah dantentunya, sambil menikmati makanan Hari Raya yang lezat, baca selanjutnya dimana setiap figur berbagi kenangan favorit mereka dan apa yang paling mereka nantikan selama Ramadan dan Hari Raya ini.

ALI IMRAN

Skateboarder • @negrojawa_

 

Apa yang membuat kamu bersukacita selama Ramadan?

Menyaksikan semua bazar dan makanan selama Ramadan. Masyarakatyang berpuasa, pergi ke masjid, senang sekali melihatnya. Semua berkumpul bersama.

 

Apa kenangan Hari Raya yang paling berkesan untukmu?

Saya ingat ketika pulang ke Johor, daerah asal saya. Semua orang berkumpul, dan mereka menangis bahagia. Hal itu terasaindah karena tidak mudah untuk keluarga saya bisa berkumpul seperti itu.

ARINNA ERIN

Model • @arinna.erin

 

Apa kenangan Hari Raya yang paling berkesan untukmu?

Ketika saya kecil, bersama sepupu-sepupu saya, kami sering mengejar domba di halaman rumah nenek saya. Karena kami memiliki domba sebagai hewan peliharaan. Kami mengenakan Baju Kurung kami saat itu. Kami juga memiliki angsa dan akan mengejar mereka.

 

Apa go-to style kamu saat Hari Raya?

Saya jarang membeli Baju Raya. Biasanya, saya lebih suka menggunakan baju lama atau mix and match dengan baju yang ada. Satu hal yang saya sukai juga adalah saya kreasikan baju yang saya pakai sebagaimana yang saya inginkan untuk memadukannya. Disaat yang sama, saya pasti menyesuaikan dengan tema anggota keluarga yang lain. Setiap tahunnya akan ada perbedaan dengan tampilan walaupun menggunakan baju yang sama.

ANIQ DURAR

Actor • @aniqdurar

 

Bagaimana kamu merasakan spirit dari Ramadan dan Hari Raya?

Sudah beberapa tahun, keluarga saya dengan sukarela berpartisipasi untuk memberikan makanan kepada para tunawisma. Kami ikut serta dari mendistribusikan sampai membawa makanan tersebut ke para tunawisma.

 

Apa gaya tampilan Hari Raya kamu?

Go-to style saya selalu baju Melayu berwarna hitam yang dipadukan sampin berwarna oranye dan merah. Untuk tahun ini, saya memilih untuk memakai baju adat karena sebetulnya saya bukan orang Melayu. Hanya saja saya ingin memakai baju Melanau untuk tampilan yang sedikit berbeda.

IZZAH BATRISYIA

Singer-songwriter • @zsyia

 

Apa yang membuat kamu bersukacita selama Hari Raya?

Fakta bahwa orang-orang berpuasa untuk menahan lapar [selama Ramadan] seperti saya. [Tertawa] Kita menantang diri sendiri secara mental dan fisik, terutama ketika kita harus menghentikan kebiasaan buruk. Hal ini akan terasa sulit jika kita melakukannya sendiri. Tetapi, jika kita melakukannya bersama-sama, akan terasa lebih menyenangkan.

 

Apa kenangan Hari Raya yang paling berkesan untukmu?

Biasanya saya open house agar teman-teman dapat datang bertamu. Setelah acara keluarga selesai, kami semua tetap tinggal dan berkaraoke sampai tetangga saya menyuruh kami semua untuk menghentikannya.

DIN G

Model • @_dingempak

 

Apa yang membuat kamu bersukacita selama Hari Raya?

Berkumpul bersama keluarga. Sayadapat bertemu dengan saudara laki-laki saya yang bekerja di Sabah dan saudara perempuan saya yang tinggal jauh dari rumah. Hari Raya adalah momen dimana kami semua berkumpul.

 

Apa yang kamu nantikan di Hari Raya ini?

Setiap tahun, kami akan mengambil foto keluarga di halaman rumah ataupun di taman. Tapi tahun ini, mungkin akan menarik kalau foto keluarga dilakukan di tepi pantai.

NATALIE PRABHA

Model and eco-enthusiast • @talieprabs

 

Apa yang membuat kamu bersukacita selama Hari Raya?

Tinggal di Malaysia, karena negara ini yang memiliki banyak budaya. Kami tidak harus menjadi seorang Muslim atau orang Melayu untuk bisa merayakan Hari Raya, karena semua merayakannya. Melihat kebersamaan tersebut membuat saya bahagia. Saya berasal dari Sabah dan dari sebuah keluarga yang besar. Kami punya keluarga yang menikah antarsuku. Saya memiliki beberapa sepupu Melayu, beberapa diantaranya keturunan Cina. Kami semua berkumpul untuk merayakan Hari Raya di salah satu rumah kerabat.

 

Apa go-to style kamu saat Hari Raya?

Pada dasarnya, saya suka memakai sesuatu yang menjadi warisan turun temurun dalam budaya saya. Jadi saya memiliki aksesoris Sabahan yang mewakili budaya saya, Kadazan. Aksesoris atau bahan batik apa saja yang mewakili unsur khas Sabahan atau Kadazan.

KIMAL MOKHTAR

Musician • @kimalogy

 

Apakah kamu punya makanan favorit saat Ramadan?

Ibu saya pasti akan membuat bubur pedas khas Sarawak. Tapi selama hidup saya, kami sudahtinggal di Terengganu, jadi ibu saya juga tahu cara membuat masakan-masakan khas Terengganu, seperti laksa Terengganu dan nasi dagang. Bulan ini adalah bulannya makan-makan.

 

Apa kenangan Hari Raya yang paling berkesan untukmu?

Salah satu kesukaan saya tentunya pulang ke Sarawak. Cara mereka merayakannya berbeda dengan di sini, di Semenanjung Malaysia. Kami memiliki banyak kue hari raya di sini tetapi di Sarawak, mereka memiliki kek lapis (kue lapis). Setiap rumah memiliki kek lapis sendiri. Beda keluarga beda juga resep dan cara membuatnya.

SHARIFAH AREEQA

Model • @sharifahareeqa

 

Apa rencana kamu untuk merayakan Hari Raya?

Makan rendang dengan lontong. Intinya pulang ke kampung halaman. Menurut saya, itu adalah keinginan semua orang.

 

Apa go-to style kamu saat Ramadan/Hari Raya?

Saya biasanya berpakaian santai saat bepergian. Tapi kalau ada acara buka puasa, saya coba sedikit dress-up dan tampil bergaya dengan menambahkan beberapa aksesoris.

ZAMIR ALIF & SHAKIRA IDORA

Owners of OKGO Store • @okgostore

 

Apakah kamu punya tradisi Hari Raya?

Shakira:Kami tidak pernah mempunyai kesempatan untuk merayakan Hari Raya bersama karena kami menikah tepat sebelum COVID. Tapi saya rasa apa yang nanti akan terjadi adalah kami akan pulang ke rumah ibu saya dan rumah ayahnya [Zamir], yang hanya berjarak lima menit.

 

Apa yang kamu sukai dari Ramadan dan Hari Raya?

Zamir:Tentu saja makanan.. Berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. Semua hal-hal kecil lainnya. Saat saling maaf-memaafkan, itulah yang saya sukai ketika Hari Raya. Karena kita akan kembali suci dengan semua orang. Meminta ampunan kepada orang tua bukan suatu hal yang kita lakukan setiap harinya, jadi ini adalah kesempatan untuk melakukannya.

Belanja gaya Ramadan dibawah ini dan lihat lebih banyak koleksi Ramadan disini. Stay tuned pada blog Off the Cuff kami untuk inspirasi gaya lainnya, tutorial DIY, intip kolaborasi terbaru kami, dan semua kebaikan yang kamu dapat miliki.