Xiuhtezcatl Dan Caranya Membuat Perubahan Demi Iklim

Marcus Rashford Strives to Empower Youth

Dalam percakapan dengan aktivis iklim, penulis dan artis hip-hop Xiuhtezcatl. Dia menggunakan seni, musik, cerita dan aktivisme untuk menghubungkan generasinya dan menciptakan perubahan di persimpangan keadilan iklim dan Kedaulatan Suku Asli Amerika. Terinspirasi oleh gerakan aktivisme ibunya sendiri, Xiuhtezcatl telah menjadi suara kuat dalam gerakan keadilan iklim sejak dia berusia enam tahun. Pada tahun 2019, ia diakui oleh list Time Magazine's The Next 100 Most Influential People.

Kami berkesempatan mengobrol dengan Xiuhtezcatl tentang cara membuat perubahan positif di dunia.

"Kita mau melakukan apa
lagi jika tidak mengangkat orang-orang
di sekitar kita?"

-XIUHTEZCATL

Bisakah kamu berbicara tentang tanggung jawab yang datang dari memiliki suara yang berpengaruh dalam komunitas kamu?

Pada tahun lalu, saya telah meluangkan banyak waktu untuk mengevaluasi kembali cara saya memimpin dan gerakan-gerakan yang telah saya organisir.

Saya terus melihat bahwa kemampuan kita untuk mengatasi masalah di dunia berasal dari persatuan dan semangat komunitas yang kuat, bukan dari pengaruh para pemimpin secara individu. Kita mau melakukan apa lagi jika tidak mengangkat orang-orang di sekitar kita? Saya merasa sangat diberkahi selama saya tumbuh besar, mulai dari komunitas tempat saya dibesarkan, memiliki kedua orang tua dalam hidup saya, terhubung dan memiliki hubungan dengan budaya saya, dengan leluhur saya, dengan upacara.

Dengan semua hak istimewa yang saya miliki, saya semakin merasa harus memprioritaskan orang-orang disekitar dan komunitas saya. Komunitas saya telah membantu saya menemukan suara saya dan sekarang setelah saya memilikinya, saya merasa membalas budi itu sangat penting. Dan tidak hanya di komunitas saya tetapi semua komunitas yang telah berinteraksi dengan saya. Saya terus mendorong diri dan tim saya untuk membangun hubungan yang regeneratif dan menyehatkan dengan komunitas yang kami bangun.

Menurut kamu, peran apa yang dapat dimainkan brand dalam menciptakan perubahan?

Saya pikir brand memiliki banyak kekuatan budaya, politik dan sosial, dan dengan itu muncul pengaruh yang dapat digunakan untuk antara mengeksploitasi konsumen, karyawan, komunitas kita, dan tanah, atau untuk membantu membangun paradigma baru yang bergeser dari hubungan ekstraktif ini.

Saya pikir unsur budaya sangat penting. Merek tidak benar-benar membentuk budaya tetapi lebih ke menirunya. Brand mengikuti tren, dan mengikuti apa yang menarik untuk dibicarakan orang pada saat itu.

Tidak biasa untuk melihat brand melakukan lebih daripada tindakan “solidaritas” mereka yang hanya performatif dan di tingkat permukaan. Sebagai konsumen, kita memegang jauh lebih besar kekuatan dari yang kita sadari. Kita harus meminta pertanggungjawaban brand dan menantang mereka agar praktik internal mereka sesuai dengan apa yang mereka katakan di permukaan.

Standar di industri untuk apa itu perusahaan yang melakukan pekerjaan yang baik sebenarnya sangat, sangat rendah. Dan itulah mengapa penting bagi kita semua untuk berdiri dan meningkatkan standar.

Seberapa penting bagi sebuah brand untuk berkomunikasi dengan transparan?

Saya pikir sangat mudah bagi brand untuk memasarkan diri mereka dengan cara tertentu agar terlihat selaras dengan tujuan sosial apa pun yang populer saat itu. Dan saya pikir jauh lebih penting untuk memperbaiki sistem internal, dan juga bersikap transparan tentang seperti apa perjalanan menuju lebih baik itu. Tidak perlu semuanya diadakan dengan standar yang sempurna karena ini mungkin tidak dapat terjadi dalam semalam. Tetapi transparansi seputar perjalanan yang diambil brand untuk lebih selaras dalam praktiknya dengan apa yang dituntut masyarakat. Dan itu, saya pikir, sebuah perjalanan yang setiap orang harus mempunyai pertanggungjawaban yang lebih besar untuk bekerja lebih keras lagi, ada beberapa orang di luar sana yang sudah melakukan pekerjaan dengan baik, tetapi kita dapat mendorong lebih jauh.

“Transparansi seputar perjalanan yang diambil brand untuk lebih selaras dalam praktiknya dengan apa yang dituntut masyarakat.”

-XIUHTEZCATL

Kamu memiliki hubungan yang sangat dalam dengan komunitasmu dan melihat nilai besar dalam menjadi bagian dari komunitas tersebut. Bisa ceritakan lebih banyak tentang apa artinya komunitas bagimu?

Tahun lalu mengajarkanku bahwa perubahan tidak terjadi karena satu individu, tidak terjadi dalam insiden yang terisolasi, tetapi terjadi karena kekuatan komunitas dan solidaritas satu sama lain. Jadi yang aku akan katakan bagi kalian yang mencari titik masuk ke dalam pekerjaan semacam ini, perbanyaklah hubungan yang kita bangun saat memperluas pemahaman kita tentang dunia.

Kita harus berkomitmen untuk memahami sistem yang telah membawa kita ke tempat kita berada sekarang. Dan melalui itu, memahami apa yang sudah ada untuk membantu membayangkan alternatif dan membangun alternatif tersebut.

Jadi saya pikir langkah pertama adalah dengan melihat komunitas apa yang sudah ada yang menunjukkan dunia alternatif yang ingin kita tuju, dan bagaimana kita bisa melibatkan diri kita dengan komunitas semacam itu? Dan itu dimulai dari sebuah percakapan, dari hubungan pertama yang kamu bangun. Lebih sulit untuk melakukan perubahan ketika kamu sendirian.

Dan apa yang akan kamu katakan kepada seseorang yang ingin mengambil langkah selanjutnya menuju perubahan?

Kamu tidak sendirian dalam hal ini. Salah satu hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk terlibat dalam pekerjaan ini adalah dengan menjangkau orang-orang yang bergerak ke arah yang sama, menjangkau dan terhubung dengan orang-orang di sekitar kamu, dan berkomitmen untuk memahami sistem ketidakadilan yang terjadi. Yang membawa kita ke saat ini, karena saat kita memahami mengapa kita ada di sini, di mana kita berada sebagai suatu masyarakat atau sebuah negara atau sebuah komunitas global, itu akan membantu kita menavigasi pergi dari kedisfungsian dunia kita saat ini.