USAHA MARCUS RASHFORD UNTUK MEMBERDAYAKAN ANAK MUDA

Marcus Rashford Strives to Empower Youth

Dalam percakapan dengan Marcus Rashford, seorang pemain sepak bola, aktivis politik dan dermawan untuk mendorong perubahan di masyarakat. Bagi banyak dari kita, mencapai impian kita sudah cukup, tetapi Marcus ingin memberi semua anak kesempatan untuk bermimpi. Dia mendorong pemerintah Inggris untuk terus mengirimkan kupon makanan saat COVID-19 melanda, memicu perdebatan sengit di parlemen, dan telah menentukan target yang lebih besar: mengakhiri kemiskinan makanan bagi anak di Inggris.

Apa tujuan utama kamu dengan inisiatif-inisiatif ini?

Orang-orang dari tempat saya berasal kadang membutuhkan sedikit bantuan. Dan untuk anak-anak pada umumnya, ketika kami memberi mereka sedikit bantuan, kami sekaligus memberi mereka dorongan dan tekad untuk dapat pergi dan mencapai hal-hal yang mungkin mereka pikir tidak dapat mereka capai pada saat ini.

Saya ingin mereka menjadi pemimpin yang lebih baik dan, pada akhirnya menjadi orang yang lebih baik. Saya hanya ingin melihat lebih banyak anak muda yang sukses datang dari negeri ini.

Apa ini sesuatu yang selalu ingin kamu lakukan? Membantu orang?

Iya, selalu, dari kecil, sampai saya tumbuh besar juga. Saya melihat banyak sekali orang yang sangat berbakat yang tidak mendapatkan kesempatan. Dan saya selalu berpikir, jika mereka mendapat kesempatan, betapa bedanya akan hidup mereka?

Dan sejujurnya, dari posisi saya sekarang saya dapat berkata bahwa sebenarnya tidak ada batasan sampai mana karir mereka akan melejit. Jadi, saya selalu berpikir jika saya berada dalam posisi untuk membantu orang, maka saya akan melakukannya.

Menurut saya keinginan itu tidak akan berubah, saya hanya ingin memberi mereka kesempatan terbaik untuk menjadi apa pun yang mereka inginkan.

Apa artinya meninggalkan dunia yang lebih baik untuk generasi yang akan datang?

Kita telah banyak berkembang dari saya masih kecil. Tapi menurut saya, sekarang tugas kita adalah untuk memberi mereka pengetahuan dan menunjukkan kepada mereka apa yang mereka bisa lakukan. Saya percaya generasi muda sangat, sangat cerdas dan mereka pasti akan mengubah hal-hal yang telah kita lakukan, dan mereka akan membuatnya lebih baik.

Kita perlu memberi mereka semacam template dan pedoman, untuk membantu mereka mulai sejak lebih awal, sehingga mereka bisa pergi dan mengekspresikan diri.

Apa saran kamu untuk seseorang yang ingin menjadi agent of change?

Saran terbesar yang bisa saya berikan adalah temui sesuatu yang kamu suka, sesuatu yang benar-benar kamu percaya dan, dan begitu kamu menemukannya, harus totalitas, jangan takut dengan apa yang akan dipikirkan orang jika kamu mulai melakukan hal-hal tertentu. Seluruh kampanye yang saya lakukan dimulai dari mentalitas dan sikap seperti itu dari diri saya sendiri.

“Jika kamu percaya pada sesuatu, tidak akan ada yang bisa memberitahumu bahwa itu hal yang salah untuk dilakukan.”

- MARCUS RASHFORD

Saya sepertinya bukti dari itu. Saya ingin melihat orang-orang mendorong diri mereka dan menjadi pribadi terbaik mungkin. Saya ingin orang-orang menyadari bahwa segala sesuatu dapat terjadi, tidak penting dari mana kamu berasal atau dari mana kamu memulai. Dan juga sangat mungkin untuk membuat perubahan besar.

Perubahan apa yang ingin kamu lihat terjadi dalam 10 tahun ke depan?

Alasan saya memulai gerakan ini adalah untuk membuat platform yang stabil untuk memberi anak-anak kesempatan untuk menjadi hebat. Semoga dalam 10 tahun itu semua sudah terlaksana, dan anak-anak mendapatkan kesempatan yang layak mereka dapatkan, dari mana pun mereka berasal.

Kami telah mengambil banyak langkah ke arah yang benar, dan itu tidak berarti bahwa semuanya akan sempurna, karena pasti saja tidak. Dan seperti yang saya katakan, teruslah membuat platform bagi anak-anak untuk mendukung mereka melakukan hal-hal hebat.

Jika kamu memiliki kesempatan untuk kembali beberapa tahun di masa lalu, nasihat apa yang akan kamu berikan pada diri sendiri?

Ketika saya masih muda, saya sudah memiliki mimpi, dan saya ingin sekali meraih mimpi itu. Jadi, saya pasti akan mengatakan pada diri sendiri untuk terus melanjutkan apa yang saya lakukan dan selalu memiliki keyakinan bahwa semuanya akan berubah menjadi lebih baik. Saya beruntung karena sepak bola memberi saya sesuatu untuk dikerjakan setiap hari. Karena jika tidak, cerita saya akan jauh berbeda dari sekarang.