{$id} {$name}
‹ Home

Diela Maharanie Paints A Denim Dreamland for 501® Day

501 Day Diela

Diela Maharanie (@dielamaharanie), seorang illustrator dan visual artist yang telah membuat berbagai karya seni selama 15 tahun terakhir hidupnya. Wanita kreatif yang berdomisili di Jakarta ini juga merupakan seniman dibalik ilustrasi ceria bertemakan ‘Spring Time in Denim Land’ untuk 501® Day, yang akan kalian temukan di Original store kami.

Diela memulai karirnya di industri kreatif setelah ilustrasinya yang dreamy, citra yang halus, dan pola yang cerah diperhatikan oleh komunitas desain online di Indonesia, yang akhirnya membuka jalan bagi dia di dunia seni yang kemudian diakui secara internasional.

Kami berbincang sedikit dengan Diela membahas tentang karya seninya dan inspirasi dibalik desainnya yang ceria untuk Levi’s® 501® Day.

CERITAKAN TENTANG PERJALANAN KAMU MENJADI SEORANG SENIMAN.

Ketika saya memasuki dunia kerja, pekerjaan pertama saya sebenarnya di bidang akuntansi. Waktu itu, saya punya perasaan kalau saya akan menyesal kalau saya tidak mengejar cita-cita saya. Saya ingin mengejar sesuatu yang sangat saya sukai—yang bisa saya lakukan sepenuh hati tanpa merasa tertekan. Ketika saya melihat kembali, saya rasa saya memang mengambil lompatan yang besar. Namun saya sama sekali tidak menyesal, saya malah bersyukur akan hal itu.

Sebagai seorang desainer, saya mempelajari semuanya secara otodidak. Saya banyak belajar dari buku-buku ilustrasi, walaupun harganya memang agak mahal. Saya belajar dari kesalahan dan kegagalan dari waktu ke waktu. Kita akan mendapatkan diri kita antusias dalam melakukan pekerjaan kalau hal tersebut adalah sesuatu yang kita sangat sukai.

BAGAIMANA KAMU MENDESKRIPSIKAN ART STYLE KAMU DALAM TIGA KATA?

Saya biasanya menggambarkan karya seni saya sebagai sesuatu yang dekoratif, ceria, dreamy. Saya biasanya terinspirasi dari kehidupan sehari-hari: saya menggunakan ilustrasi untuk mengekspresikan emosi, pikiran, ataupun pengamatan saya dalam keseharian.

“Kamu akan bersemangat, kalau kamu menyukai apa yang kamu lakukan.”

SEPERTI APA PERSONAL STYLE KAMU?

Kalau bicara tentang style, bisa dibilang personal style saya adalah casual: saya seringnya bekerja dari rumah, dan saya paling merasa nyaman ketika menggunakan kaos dan jeans. Mungkin sesekali saya akan memakai outer layer—namun biasanya saya akan menambahkan personal touch; detail kecil, seperti bordir. Saya suka membuat pakaian itu unik untuk diri saya sendiri.

 

APAKAH KAMU BISA BERCERITA SEDIKIT TENTANG PENGALAMAN PERTAMA KAMU DENGAN LEVI’S®?

Barang pertama yang saya miliki dari Levi's® pertama saya punya makna yang spesial. Ibu saya memberikan bootcut jeans sebagai hadiah lebaran waktu saya masih SMA.

“Yang ingin saya sampaikan adalah perasaan bahagia dan sukacita. Saya harap hal itu tercapai.”

KAMU SANGAT SUKA DENGAN ILUSTRASI YANG KAMU BUAT UNTUK 501® DAY! APA YANG MEMBUAT KAMU TERTARIK UNTUK BERKOLABORASI DENGAN LEVI’S®?

Kalau berbicara tentang Levi’s®, saya menghargai hal-hal seperti Tailor Shop dimana semua orang bisa menambahkan personal touch, baik itu bordir atau tempelan. Durabilitas dan kualitas adalah hal yang saya hargai dari Levi’s®: pakaian-pakaiannya tahan untuk waktu yang lama, dengan menambahkan elemen elemen unik kita memiliki sebuah pakaian yang unik yang merefleksikan diri kita.

APAKAH KAMU BISA CERITAKAN TENTANG INSPIRASI KAMU DIBALIK KARYA SENI 501® DAY KAMU?

Untuk kolaborasi kali ini, karya seninya muda dan feminim. Ada vibe “denim dreamland” dengan banyak detail dan ornamen ceria. Yang ingin saya sampaikan adalah perasaan bahagia dan sukacita. Saya harap hal itu tercapai.

SEBAGAI SEORANG PROFESIONAL DI INDUSTRI KREATIF, APA MENURUT KAMU MAKNA MENJADI AUTENTIK DAN ORIGINAL BAGI SEORANG SENIMAN?

Menurut saya, autentik dan original, keduanya sangat penting karena hal itu merepresentasikan diri kita, terutama dalam membuat sebuah karya seni. Sebagai seorang seniman, saya memilih menggunakan atau memakai sesuatu yang orisinal.

Yang paling penting adalah tidak mencuri atau meniru hasil karya orang lain. Kita harus berkarya dan membuatnya dengan sepenuh hati, bukan hanya sekedar mengikuti tren.

KAMI KETAHUI KAMU ADALAH SALAH SATU PENDIRI METARUPA, KOMUNITAS INDONESIA PERTAMA YANG MASUK KE DALAM DUNIA METAVERSE MELALUI NFT. BISAKAH KAMU MENCERITAKANNYA?

Di tahun 2021, saya memasuki dunia NFT. Karena NFT termasuk hal yang baru, tidak banyak orang yang mengetahui apa yang bisa dilakukan melalui medium baru ini. Jadi, bersama 8 seniman lainnya, kami memulai Metarupa, komunitas yang bisa membantu para creators yang ingin masuk ke dunia NFT. Kami menyelenggarakan beberapa workshop baik online maupun offline, untuk membagikan pengetahuan tentang NFT. Kami juga mengadakan pameran seni untuk memberikan spotlight pada para seniman dan memungkinkan mereka untuk melakukan kerja sama dan kolaborasi dengan brand-brand.

Lihat ilustrasi Diela untuk Levi’s® 501® Day di toko Levi’s® terdekat sekarang. Kamu juga bisa menambahkan bordiran “Spring Time in Denim Land” milik Diela untuk 501® kamu di Levi's® Grand Indonesia Tailor Shop. Follow @levis_indonesia di Instagram.